KARYA
TULIS WIDYAWISATA
SMP
NEGERI 2 PLAYEN GUNUNGKIDUL
21
– 23 JANUARI 2012
Karya Tulis ini Disusun
untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Mengikuti
Ujian Sekolah dan Ujian
Nasional di SMP Negeri 2 Playen Gunungkidul
Tahun ajaran 2011 / 2012
Disusun oleh :
Damianus Mandar
Tyastoto
Kelas : VIII C
Nomor : 11
SMP
NEGERI 2 PLAYEN
DINAS
PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
KABUPATEN
GUNUNGKIDUL
2012
PENGESAHAN
KARYA
TULIS WIDYAWISATA
SMP
NEGERI 2 PLAYEN GUNUNGKIDUL
21
– 23 JANUARI 2012
Telah diperiksa, disetujui, dan disahkan :
Hari : ……………………………...
Tanggal : ……………………………...
Tempat : SMP NEGERI 2 PLAYEN GUNUNGKIDUL
Disetujui oleh :
Pembimbing,
Astungkoro Wibowo, S.
Pd
NIP
|
Wali
Kelas,
Ag.
Margi Winarni, S. Pd
NIP
|
|
Mengetahui /
Mengesahkan :
Kepala Sekolah,
Syarifatul Hidayah,S.
Pd
NIP 19710716 199702 2
001
|
ii
MOTTO
§ Jangan
mengulang kesalahan yang sama.
§ Gunakanlah
waktu sebaik-baiknya karena waktu tak akan pernah terulang.
§ Kejujuran
merupakan kunci keberhasilan.
§ Kegagalan
merupakan keberhasilan yang tertunda.
§ Jangan
menyerah sebelum mencoba.
§ Tiada
hal yang lebih hebat, yang tercipta secara tiba-tiba.
§ Kegagalan
dan keberhasilan adalah suatu pilihan.
§ Jadi
diri sendiri, cari jati diri, dan dapatkan hidup yang mandiri.
§ Optimis,
karena hidup terus mengalir dan kehidupan terus berputar.
§ Sesekali
melihat ke belakang untuk melanjutkan perjalanan yang tak berujung.
§ Berangkat
dengan penuh keyakinan.
§ Berjalan
dengan penuh keikhlasan.
§ Tiada
hari tanpa belajar.
§ Disiplin
dalam bertugas, Dewasa dalam bertindak, Dinamis dalam kegiatan.
§ Kegagalan
adalah cambuk untuk maju dan mengejar ketinggalan.
§ Hari
ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari
hari ini.
§ Perjalanan
menuju kesuksesan haruslah kita ikuti dengan do’a dan usaha.
§ Segudang
tatanan kutempuh setulus hati dengan senyuman.
iii
PERSEMBAHAN
Karya
tulis yang sangat sederhana ini kupersembahkan kepada:
Bapak
dan Ibu guruku
Bapak
dan Ibuku
Sahabat-sahabatku
Teman-temanku
Sekolahku
Kakak
dan adikku
Kelasku
iv
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa melimpahkan
rahmat dan karunia-Nya, sehingga saya
dapat menyusun karya tulis ini.
Penyusunan karya tulis ini dimaksudkan sebagai salah satu
bagian persyaratan untuk mengikuti Ujian
Sekolah dan Ujian Nasional di SMP Negeri 2 Playen Gunungkidul Tahun Ajaran 2012
/ 2013
Karya
tulis ini, tentunya tidak lepas dari dukungan beberapa pihak.
Untuk itu,
perkenankan saya mengucapkan terimakasih kepada:
a.
Ibu Syarifatul Hidayah, S.Pd. selaku
Kepala SMP N 2 Playen.
b.
Bapak Astungkoro Wibowo, S.Pd. selaku
guru pembimbing
c.
Ibu Margi Winarni, S.Pd. selaku wali
kelas saya.
d.
Orangtua saya, yang telah banyak memberi
dukungan kepada saya.
e.
Teman-teman saya, yang telah memberikan
bantuan kepada saya.
f.
Pihak-pihak lain, yang telah membantu
sehingga saya dapat menyusun karya tulis ini.
Saya
menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan karya tulis
ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan kritik dan saran perbaikan demi
kesempurnaan karya tulis ini.
Akhir kata, semoga
karya tulis ini bermanfaat bagi semua pihak.
v
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL ………………………………………………………... i
HALAMAN
PENGESAHAN ………………………………………………. ii
MOTTO
……………………………………………………………………… iii
PERSEMBAHAN
…………………………………………………………... iv
KATA
PENGANTAR ……………………………………………………..... v
DAFTAR
ISI ……………………………………………………………….... vi-vii
BAB
I PENDAHULUAN …………………………………………………… 1
A.
Latar Belakang ………………………………………………………... 1
B.
Pembatasan Masalah ………………………………………………..... 1
C.
Definisi Operasional
………………………………………………..... 1
D.
Tujuan ………………………………………………………………… 1
E.
Manfaat ……………………………………………………………….. 2
F.
Metode ………………………………………………………………... 2
BAB II
PEMBAHASAN …………………………………………………..... 3
A.
Pelaksanaan Kegiatan Widyawisata
…………………………………. 4
B.
Obyek Widyawisata ………………………………………………….. 5
1.
PP IPTEK ……………………………………………………….. 5
a.
Sejarah / Riwayat ……………………………………………. 6
b.
Letak / Lokasi ………………………………………………. 7
c.
Benda-benda PP IPTEK …………………………………….. 8
vi
2.
TEATER KEONG EMAS ……………………………………….. 9
a.
Sejarah / Riwayat …………………………………………….. 9
b.
Letak / Lokasi ………………………………………………… 10
c.
Cerita Film yang diputar
……………………………………... 11
3.
MUSEUM LUBANG BUAYA ………………………………….. 12
a.
Sejarah / Riwayat …………………………………………….. 13
b.
Letak / Lokasi ………………………………………………… 14
c.
Macam- macam benda / bangunan
…………………………… 15
C.
Hal- hal yang menarik dan tidak menarik
…………………………….. 16
BAB III PENUTUP
……………………………………………...................... 17
A.
Kesimpulan ……………………………………………………………. 17
B.
Saran …………………………………………………………………... 18
DAFTAR PUSTAKA
………………………………………………..... 19
LAMPIRAN
………………………………………………………….... 20
vii
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Widyawisata
dilaksanakan untuk memenuhi salah satu persyaratan mengikuti Ulangan Kenaikan
Kelas Tahun Ajaran 2011 / 2012, Ujian Sekolah, dan Ujian Nasional Tahun Ajaran 2012 / 2013 di SMP Negeri 2
Playen Gunungkidul.
B. Pembatasan
Masalah
Mengingat
bahwa Objek Wisata di Jakarta sangat banyak dan tidak mungkin kami kunjungi
sekaligus. Maka dalam kegiatan widyawisata Tahun Ajaran 2011 / 2012 kali ini,
kami mengunjungi beberapa objek diantaranya : Taman Mini Indonesia Indah, Ancol,
Keong Mas, Museum Lubang Buaya, PP Iptek, dan diakhiri dengan berbelanja di
Cibaduyut (Bandung).
C. Definisi
Operasional
Pada
definisi operasional ini, kita akan mengetahui arti umum karya yang saya buat.
Adapun definisinya sebagai berikut.
a.
Karya Tulis : Hasil pemikiran, pengalaman, dan cerita yang dituangkan ke sebuah karya.
b.
Widyawisata : Perjalanan ke luar, dalam rangka menambah ilmu pengetahuan.
D. Tujuan
Tujuan study
tour adalah untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang tidak diajarkan di
sekolah-sekolah. Dan mempersiapkan diri dalam era globalisasi yang makin lama
makin maju.
1
E. Manfaat
a. Menambah
ilmu pengetahuan, wawasan yang umum dan luas.
b. Mengenal
daerah-daerah yang indah dan dipelihara di Indonesia.
c. Mempererat
keakraban dengan teman satu sekolah.
d. Kebersamaan
yang sangat erat dan kerjasama antar kelompok.
F. Metode
Dalam
menyusun karya tulis ini saya menggunakan beberapa metode, diantaranya :
a. Metode
Observasi
Metode
Observasi adalah metode dengan melihat langsung objeknya atau melihat langsung
objeknya.
b. Metode
Dokumentasi
Metode
Dokumentasi, adalah metode pencarian informasi dengan mencari pada sumber
tertentu.
2
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pelaksanaan
Kegiatan Widyawisata
Kegiatan
widyawisata SMP Negeri 2 Playen dilaksanakan di Jakarta tanggal 21-23
Januari 2012. Kami berkumpul di sekolah pukul 13.00 WIB dan berangkat pukul
14.30 dengan menggunakan tiga bus pariwisata PUTRA REMAJA yang masing-masing
bus terdapat siswa kelas VIII A,B,C,D dan beberapa pembimbing. Sebelum
berangkaat kami diberi tanda pengenal berupa topi bertuliskan “SMP DUPLAY
JOGJA” dan juga diberi pengarahan tentang tata tertib dan kegiatan yang akan
dilakukan di obyek wisata.
Di dalam perjalanan di bus
dinyalakan vcd player agar para siswa senang, tidak
jenuh, dan tidak bosan. Sekitar pukul 18.00 rombongan SMP Negeri 2 Playen
sampai di Rumah Makan Lestari. Di Rumah Makan Lestari kami makan malam dan
setelah selesai makan malam para siswa diajak untuk kegiatan ibadah. Setelah selesai kami melanjutkan perjalan ke
Jakarta.
Kira-kira pukul 04.30 tepatnya
tanggal 22 Januari 2012 kami sudah tiba
di Islamic Centre Bekasi,di situ kami beristirahat, kegiatan ibadah, dan mandi.
Setelah itu kami semua kembali melanjutkan perjalanan ke tempat obyek wisata.
Pertama kami pergi ke Pantai Marina Ancol, kemudian setelah dari Ancol kami
menuju ke museum Lubang Buaya, Kemudian menuju ke TMII yaitu ke PP IPTEK dan
Teater Keong Emas. Pulangnya kami mampir ke pusat perbelanjaan yang berada di
Bandung yaitu Cibaduyut. Setelah dari Cibaduyut kami makan malam bersama dan
kemudian pulang.
B. Obyek
Widyawisata
1.
PP IPTEK
a.
Sejarah / Riwayat
Pada
tahun 1984 gagasan pendirian science centre di Indonesia diprakasai oleh
Menristek, Prof. Dr. B.J. Habibie, dengan dibentuknya Panitia Kerja dengan SK
Menistek No.15/M/Kp/IX/1984 untuk melakukan studi banding, pengkajian konsepsi
dasar pembangunan, tema peragaan, system pengelolaan, serta bentuk
arsitekturnya. Dibentuk Supporting Committee tahun 1987 untuk melakukan
sosialisasi science centre kepada masyarakat melalui penyelenggaraan pameran
fisiska dan matematika di Gedung Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII),
yang dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Fuad Hasan.
Pada
tahun 1988-1990 dikembangkan 20 peragaan interaktif bidang IPA di Anjungan
Istana Anak-Anak TMII, sebagai hasil kerjasama dengan Fakultas Pendidikan
Matematika & IPA, IKIP Jakarta. Tujuannya untuk pengenalan dan studi
penjajakan animo masyarakat, ternyata kesan pengunjung sangat positif dan para
remaja dapat mengenal iptek dengan lebih mudah dan nyata.
Konsep
awal perencanaan Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK)
dibantu oleh US Agency for International Development dan Asia Foundation.
Sesuai dengan konsep awal tersebut, Master Plan PP-IPTEK dikembangkan oleh Tim
Kementerian Ristek, PT Tripanoto Sri Konsultan, Tim dari Musee de La Villete
dan Sopha Development dari Perancis.
Pada
tanggal 20 April 1991, PP-IPTEK diresmikan oleh Presiden Soeharto di gedung
Terminal B Skylift-TMII seluas 1.000 m2. Alat peraga merupakan sumbangan dari
industri strategis, IBM, serta sebagian dibuat secara in-house dengan bantuan
KIM-LIPI, LUK BPPT, dan BATAN.
PP-IPTEK
menempati gedung permanen pada tanggal 10 November 1995, yang berlokasi di
poros utama kompleks TMII menghadap Plaza Perdamaian Monumen KTT Non-Blok.
Filosofi konsep desain bangunannya futuristic, menjelajah tanpa batas, dengan
luas bangunan 24.000 m2 dan luas area 42.300 m2. Sejak saat itu tersedia sarana
pembelajaran iptek yang memberi kesempatan kepada pengunjung untuk melihat dan
mempelajari rahasia dan gejala alam yang diperagakan, mempelajari dengan
menggunakan indera pendengar, pencium, dan peraba melalui manipulasi, operasi
dan eksperimen. Melalui peragaan dan program, pengunjung diberi kesempatan
untuk menjajagi fenomena dan khasanah iptek secara mandiri, kelompok, dan
keluarga, agar memberi inspirasi dalam meningkatkan daya kretivitas dan
inovasi.
b.
Letak / Lokasi
Gedung
PP IPTEK terletak di poros utama kompleks TMII menghadap Plaza Perdamaian
Monumen KTT Non-Blok. Filosofi konsep desain bangunannya futuristic, menjelajah
tanpa batas, dengan luas bagunannya 24.000 m2 dan luas area 42.000 m2
.
c.
Benda-benda PP IPTEK
Di
PP IPTEK semua alat peraga memang dibuat untuk bisa digunakan dan dipergakan
langsung sehingga para pengunjung yang kebanyakan pelajar bisa lebih mudah
memahaminya dan dapat langsung memainkannya.
Alat
peraga yang tersedia di PP IPTEK jumlahnya mencapai 250 alat interaktif yang
terbagi di 13 wahana. Tambahan 25 alat yang semuanya dibuat sendiri. Pokoknya
semua alat yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan ada di sana, baik itu tentang
fisika metematika, listrik, magnet, antariksa, energi, Galileo, mekanika
transportasi, dan discovery room. Karena benda – benda PP Iptek terlalu banyak
maka akan dibahas beberapa saja, diantaranya :
·
Pancuran Cahaya dan Pelampung Elektronik
Pancuran
Cahaya memanfaatkan prinsip serat optik yang terdiri dari sebuah laser sebagai
sumber cahaya yang ditempatkan sejajar dengan pancuran bak air, bak atas serta
bak bawah. Yang menampilkan fenomena rambatan cahaya laser pada aliran pancuran
air dari bak tersebut. Prinsip ini merupakan prinsip yang sama dengan serat
optik yang dapat menghantarkan data dari satu ujung kabel serat ke ujung kabel
lain, karena indeks bias air lebih tinggi dari indeks bias udara dan sudut
pancuran air landai.
Pelampung
Elektronik bekerja berdasarkan ketinggian level air. Terdiri dari sebuah pompa,
tiga buah batang logam, sebuah sensor, rangkaian kontroler elektronik, bak atas
serta bak bawah.
·
Tsunami Corner dan Simulasi Gempa
Ada
Tsunami Corner, yang akan memberi informasi mengenal tsunami lengkap dengan
video.
Menariknya
di PP IPTEK kita juga bisa mempelajari simulasi gempa, karena ada satu alat
peraga yang dibuat untuk gempa.
2.
TEATER KEONG EMAS
a.
Sejarah / Riwayat
b.
Letak / Lokasi
c.
Cerita Film yang diputar
3.
MUSEUM LUBANG BUAYA
a.
Sejarah / Riwayat
Perjuangan
rakyat Indonesia mencapai klimaknya pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan
dikumandangkannya Proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sejak itu lahirlah
Pancasila dan UUD1945. Perjalanan sejarah Republik Indonesia telah mengalami
berbagai ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan pemberotakan yang membahayakan
persatuan dan kesatuan bangsa yang bertujuan merombak bahkan mengganti Dasar
Negara Pancasila antara lain dengan ideologi komunis yang bertentangan dengan
Pancasila.
Usaha-usaha untuk menerapkan ideologi komunis
di Indonesia tidak pernah berhenti walau mendapat tantangan dan rintangan. Para
kader PKI melakukan berbagai cara, baik legal maupun illegal untuk mencapai
cita-cita mereka yaitu masyarakat Indonesia yang komunis. ca
b.
Letak / Lokasi
Monumen
Pancasila Sakti dibangun diareal tanah seluas kurang selebihnya 14 Ha, terletak
di Desa Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Lokasi Monumen
Pancasila Sakti berbatasan sebelah selatan dengan Markas Besar Tentara Nasional
Indonesia Cilangkap, sebelah utara Lanuma Halim Perdanakusuma, sebelah timur
pasar Pondok Gede/ Bekasi dan sebelah barat Taman Mina Indonesia Indah/Asrama
Haji Indonesia Pondok Gede.
c.
Macam-macam benda / bangunan
C. Hal
– hal Menarik dan Tidak Menarik
1.
Hal menarik yang kami rasakan :
a.
Mendapat fasilitas bus yang layak
b.
Pemandangan disepanjang perjalanan
c.
Memperoleh banyak wawasan
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN
Musso Ditembak Mati
Panser PCMK-2
Pemberontakan di Madiun
Penangkapan Amir
Sjarifuddin
Penangkapan D.N. Aidit
Pengacuan Surakarta
Peristiwa Revolusi
Proses Lahirnya Sura
Serangan PKI ke Asrama
Polisi di Tanjung Priok
No comments:
Post a Comment